14 September 2019

Hai Walkers!
Di kehamilanku yang pertama ini, aku excited banget. Bener-bener cari info sebanyak mungkin untuk memaksimalkan tubuh ini demi janin yang ada dirahimku.

Salah satunya dengan mengikuti PRENATAL GENTLE YOGA atau yoga kehamilan.

Bersama Bidan Novita dan Bidan Catur

Berseluncurlah aku di Google dan Instagram, cari info dimana tempat yang menyediakan yoga kehamilan. Pertama kali aku tahu di Instagram @bidankita oleh Bidan Yessie tapi lokasinya di Klaten, Jawa Tengah. Kepo terus isi IG nya, terus aku cari pakai hastag #prenatalyogamalang ketemu instagram @bidanpapat oleh Bidan Catur.

Setelah baca-baca semua postingan, di @bidanpapat menyediakan Prenatal Gentle Yoga dengan dua kelas : Single Class dan Couple Class. Single class sendiri terbagi menjadi dua yaitu Kelas A : 20-30 minggu dan Kelas B : 31-40 minggu.


Saat usia kandungan menginjak 16 minggu, aku sudah aktif jalan santai disekitar rumah. Kata orang tua "Pokoknya kalau hamil itu jangan malah males. Tetep gerak". Oke siap komandan, hehe 😁

Memasuki usia kandungan 20-24 minggu, sudah ngebet banget yang namanya ikut yoga, tapi waktunya masih bentrok sama acara dirumah. Entah pengajian RT, 17-an (Agustus) lah, gerak jalan sehat, pulang ke rumah mertua, dan lain sebagainya. 

Sampai akhirnya aku lihat postingan @bidanpapat ada kelas yoga di Lawang. Langsung dong gercep daftar ke nomor Whatsapp yang tertera.

Daaan tibalah di hari H..
Saat datang, Bidan Novita @rumahyogabunda (yg ternyata kakak kelasku di Smanela) melakukan pengecekan tensi Bumil, berat badan Bumil, dan cek detak jantung Debay (DJJ).


Terus ngobrol-ngobrol sebentar, langsung deh Yoga. Instruktur Yoga oleh Bidan Catur @bidanpapat. Yoga kehamilan ini terbagi menjadi 3 tahap :
1. Pemanasan + afirmasi positif untuk ibu dan debay.
2. Gerakan inti, mulai dari gerakan duduk, berdiri, berlutut, dll.
3. Pendinginan + afirmasi positif untuk ibu dan debay.

Sesi Yoga pun selesai, yey! Meski gerakan yoga itu sederhana, tapi ketika dilakukan dengan tepat, ternyata bikin keringetan loh say 😁


Seneng banget bisa ikut Prenatal Gentle Yoga @bidanpapat & @rumahyogabunda. Manfaat yang bisa langsung aku rasain itu badan bener-bener fresh, seger lagi. Habis yoga tuh gak capek, gak pegel. Belum lagi ditambah manfaat bisa mengoptimalkan posisi janin. Oh ya, sampai lupa.. Pas tahap afirmasi, debay ku aktif banget, tendangannya kerasa banget sampai perut gak berbentuk, lagi kungfu kali ya 😂

Gak cuma sampai disitu, ilmu gerakan yoga yang dianjarkan bisa dilakukan dirumah loh. Seperti gerakan Cat and Cow Pose dan Knee Chest yang jadi favoritku di rumah.


Yuk seluruh Bumil yang baca artikel ini, kita harus memberdayakan diri sebaik mungkin demi KELAHIRAN BAYI yang NYAMAN dan MENYENAGKAN.

Salam hangat 😊

0 comments:

Post a Comment

Categories

Blog Archive

Instagram

Popular Posts

Viewers