14 October 2019

Hai Walkers!
Aku mau sedikit cerita nih tentang apa aja yang aku rasain di kehamilan 32 minggu. Di usia kehamilan ini, tentu perut semakin besar dan sudah terasa berat. Ya gimana ga berasa berat ya, Debay nya udah 1.900 gram, belum lagi berat plasenta, air ketuban, berat lemak di Bundanya, dll.


Btw, apa aja sih yang aku rasakan? 

1. Gerakan Debay yang makin aktif di malam dan dini hari.
Bener-bener deh aktif banget. Perut sampai gak berbentuk, bahkan kadang sampai ngilu nih perut kena tendangan maut Debay. Tapi kalian harus bersyukur, dengan aktifnya Debay itu berarti Debay dalam keadaan sehat dan bahagia loh 😊


2. Yang paling paling paling aku rasain adalah sakit pinggang kalau dalam bahasa kerennya itu 'boyoken' gaes. Selain hal ini lumrah terjadi karena ligamen mengalami peregangan, apabila tidak diatasi sakit pinggang bisa mengganggu kegiatan sehari-hari loh.

Solusi :
• Rutin jalan cepat setiap hari dengan durasi 20-30 menit. Setiap Jum'at aku libur / istirahat.
• Yoga hamil, terutama pose Cat Cow.


3. Lebih sering haus dan gerah.
Ternyata ini hal yang normal loh gaes. Hampir semua Bumil mengalami ini.

Solusi :
• Minum air putih sebanyak mungkin, minimal 2 liter/hari. Apabila cuaca panas & berkeringat, tambah jadi 3 liter.
• Gunakan pakaian longgar dan menyerap keringat agar tidak ada area lembab di lipatan-lipatan yang berujung ruam/gatal.


4. Lumayan sering kram kaki dimalam hari. Gak selalu tiap malam sih, biasanya pas kecapekan gitu.

Solusi :
Streching seperti yang diajarkan Bidan untuk memperlancar aliran darah. Ini membantu banget loh. Sudah 2 minggu ini gak pernah kram, hehe.


5. Lumayan pusing & lemas di pagi hari.
Ternyata ini normal gaes, soalnya di usia 32 minggu itu adalah puncaknya pengenceran darah.

Solusi :
• Rutin konsumsi kapsul penambah darah.
• Banyak konsumsi sayuran hijau 


Solusi yang aku tulis disini berdasarkan info dari Bidan dan Dokter yang aku kunjungi ya dan sudah aku praktikkan semua. So, semua balik lagi ke kondisi kalian masing-masing. Semoga membantu.

Terima kasih :)

0 comments:

Post a Comment

Categories

Blog Archive

Instagram

Popular Posts

Viewers