28 July 2018

Hai Walkers!
Ketemu lagi sama blog ini guys. Masih inget kan, kemarin aku sempet menghabiskan waktu di Jepara bersama Abang tercinta. Selain menikmati panorama pantainya yang ketjeh gilak, aku juga nyempetin kuliner dong.

Penasaran sama apa aja yang sudah aku icip-icip? Check this out!

1. SEAFOOD
Gratis say, dimasakin Ibu mertua 😘


Sampai rumah Abang, Ibuk langsung masak cumi + kepiting + ikan laut segar buat akuuuuu. Ya ampun, emang beda banget rasanya seafood yang baru ditangkap terus langsung dimasak. Enaaaaak banget!





2. ADON-ADON CORO
Harga Rp 3.000,-


Lucu banget kan namanya, haha. Adon-adon coro ini lebih tepatnya adalah minuman hangat guys. Menurut lidah perasaku, minuman ini terbuat dari santan yang dicampur dengan gula merah, jahe dan bahan lainnya. Ada kelapa muda sebagai topping. Mirip kuah Kolak tapi ada rasa jahe nya gitu.


3. ES PLERET
Harga Rp 3.000,-
Es pleret disini gak jauh beda seperti Es pleret yang aku beli di Blitar. Es berwarna pink dengan olahan ketan sebagai isiannya.


4. NASI GORENG
Harga Rp 9.000,-
Beda dengan nasi goreng di Malang, nasi goreng di Jepara hampir semua menggunakan kecap guys. Jadi warnanya coklat gitu. Kalau di Malang kan pakai saus tomat atau saus sambal.


5. KERANG
Harga Rp 10.000/porsi - Rp 25.000/porsi.


Saat malam menjelang, di Pujasera dekat Alun-Alun Jepara ada berbagai jenis kerang yang dijajakan. Kerang yang dijual antara lain Kerang darah (bukur), Kerang hijau, Kerang tiram, Kerang simping, dll. Jadi semua kerang sudah direbus setengah matang, terus kita tinggal request deh mau di masak apa. Mau pedes atau gak. Ada saus asam manis, saus lada hitam dan saus barbeque.


6. MIE AYAM IDA SAPUAN
Harga Rp 6.000,-
Beeeh, ini mie ayam legendaris banget. Rame banget dan laris abis guys! Harganya murce, porsinya juga lumayan.



Terus disini juga ada topping 'sundukan' alias sate-satean guys. Ada kepala ayam, sayap, ceker, sate usus, sate telur puyuh, sate jeroan, dll. Makan di warung Mie Ayam Ida Sapuan ini berasa sauna loh. Panas banget, haha.


7. TAHU GIMBAL
Harganya lupa, soalnya dibayarin 😁


Abang semangat banget pas ngajak makan Tahu Gimbal. Aku juga penasaran sama makanan yang satu ini. Aku mikirnya mirip Tahu Bakso atau Tahu Isi. Eeeh, ternyata mirip Tahu Telor di Malang. Ada pilihan nasi atau lontong, bumbu kacang, potongan kubis dan kecambah. Bedanya, di Jepara bumbu kacangnya pakai kecap bukan petis kayak di Malang dan ada irisan Gimbal diatasnya. Terus Gimbal itu apa dong? Gimbal itu rempeyek udang say.


8. NASI GANDUL
Harga mulai Rp 10.000,-


Nasi ini loh yang dijanjiin Abang... "Pokoknya kalau kamu ke Jepara, nanti harus makan Nasi Gandul"-. Kalau ini adanya di Pati guys. Aku mikirnya nasi ini dibungkus kecil-kecil mirip Sego Kucing gitu, eeeh tapi ternyata salah besar. Dinamakan Nasi Gandul karena nasinya 'nggandul' alias tidak menyentuh piring. Jadi nasinya itu dialasi dengan daun pisang, biar lebih sedep kali ya.

Rasanya mirip Kare, tapi ada manis-manisnya. Kayak rawon, tapi kental. Lauknya juga ada empal, usus, jeroan. Semuanya dari sapi. And you know what? Aku nggak suka sama makanan ini 😓 Untung aja makannya pas lagi laper, haha.


Nah ada satu lagi nih guys, yang gak ada di Malang tapi ada di Jepara.


9. ES SIRUP
Harga Rp 2.000,-


Es sirup ini tersedia di hampir seluruh warung makan di Jepara. Mau jual tahu gimbal, pecel, nasi campir atau lainnya pasti mereka sedia Es Sirup ini. Sirup yang digunakan adalah Frambozen merk Agung.




.

0 comments:

Post a Comment

Categories

Blog Archive

Instagram

Popular Posts

Viewers