27 May 2017

Haloooo Walkers! Jalan-jalan yok. Haduu, baru juga resign dari kerjaan, udah kemana-mana aja 😁 Seperti pembalasan setelah terkurung dalam belenggu buruh. Eh, kemana nih kita?

PLACE
Keboen Kopi Karanganyar atau dalam bahasa Belanda, De Karanganjar Koffieplantage, terletak di Dsn. Karanganyar, Desa Modangan, Kec. Nglegok - Blitar. Keboen Kopi Karanganyar dikelola oleh CV. Harta Mulia milik keluarga Bapak Herry Noegroho. Beliau adalah mantan Bupati Blitar.


TICKET
Harga tiket Rp 5.000/orang dan parkir Rp 2.000/motor. Tiket untuk wisatawan asli Blitar berwarna hijau sedangkan wisatawan luar kota/asing berwarna merah.

FACILITIES
Bangunan yg ada di kawasan Keboen Kopi Karanganyar bermodel bangunan Belanda, karena memang dulunya ini adalah bangunan milik Belanda lalu bangunan ini di beli oleh orang tua Bapak Herry. Yuk, kita simak apa saja yg ada di kawasan Keboen Kopi Karanganyar ini.

1. ONZE GROOTOUTDERS Café
Disini banyak sekali cafe yg menyediakan aneka kopi dan jajanan, jadi kalian tidak perlu takut kelaparan guys. Sesuaikan saja kalian mau apa, ada kopi, teh, jajanan modern seperti Pancake dan Wafel atau makanan lokal seperti Pecel Blitar, Soto bahkan Rawon.




Desain cafe yg unik membuat saya tertarik dengan Onze Grootouders Café. Disini saya pesan Teh Karanganyar. Ke kebun kopi kok malah pesan teh? Soalnya kedua rekan saya, termasuk Abang sudah memesan kopi. Untuk camilan kami memesan Pancake coklat, Kentang goreng dan Omelet sosis. Teh enak, rasanya unik gitu, apalagi pakai es, segeer! Kopinya juga masih fresh, langsung diracik di meja kita. Totalnya Rp 75.000,-.

2. RUMAH LOJI
Rumah ini adalah rumah pemilik Keboen Kopi Karanganyar. Meski sebagian besar berisi benda-benda bersejarah, bahkan ada lukisan berumur 150 tahun, ada 2 kamar yg masih aktif digunakan oleh sang pemilik.




Ada juga Kamar Bung Karno. Kamar ini berisi benda-benda Bung Karno dari hasil lelang. Gak ada foto kamar Bung Karno karena memang di tidak di ijinkan mengambil foto. Kata Bapak penjaga Museum Pusaka, Rumah Loji ini di huni oleh Noni Belanda loh, hiiii, syereem 😣

3. MUSEUM PURNABAKTI
Museum ini berisi benda-benda saat Bapak Herry Noegroho menjabat sebagai Bupati Blitar, seperti meja kerja, baju kerja, baju adat, dll.


4. MUSEUM PUSAKA
Museum ini berisi pusaka-pusaka peninggalan terdahulu. Ada keris, tombak, pedang dan beberapa peti. Saat masuk kesini tidak di perkenankan mengambil foto apapun.


5. PENGINAPAN
Disini menyediakan penginapan untuk wisatawa yg ingin menginap di kawasan Keboen Kopi Karanganyar. Untuk wisatawan lokal biaya yg dibebankan adalah Rp 125.000/kamar. Setiap kamar berisi 2 kasur 'single bed' , lemari kecil, meja kecil dan kamar mandi. Kalau untuk turis asing saya kurang tau.


6. PABRIK KOPI
Ada pabrik kopi yg cukup besar dibagian belakang. Saat musim panen pabrik dan kawasan kebun akan ramai berlalu lalang kendaraan pengangkut kopi.

7. PLAY GROUND
Arena permainan disediakan ayunan, papan jungkat-jungkit, pos pantau, dll. Ada juga permainan untuk orang dewasa, seperti : Airsoft Gun, Fun Cross, Fun ATV, bahkan tempat Prewedding pun juga ada.




ACCESS
Akses jalan menuju Keboen Kopi Karanganyar ini bisa dibilang susah-susah gampang. Harus menggunakan kendaraan pribadi, karena belum ada angkutan umum yg menuju ke kebun. Beberapa bagian jalan masih dalam perbaikan, jadi harus berhati-hati. Saya sarankan melakukan perjalanan pagi-siang hari, karena sepanjang perjalanan masih minim penerangan.


Nah, gimana infonya, menarik bukan? Semoga bermanfaat 😊


keboen kopi karanganyar , de karanganjar koffieplantage , wisata blitar , kebun kopi blitar , spot foto blitar , wisata kopi , pecinta kopi blitar

0 comments:

Post a Comment

Categories

Blog Archive

Instagram

Popular Posts

Viewers