06 August 2017

Hai Walkers! Setali tiga uang dengan postingan sebelumnya, aku mau share nih tips-tips apa aja yang harus kalian lakukan saat haid di gunung.


Ini untuk kalian yg TIBA-TIBA HAID DI GUNUNG ya, bukan yang sudah haid tapi maksa ikut ke gunung =___=

Sebelum berangkat mendaki, ada baiknya kalian para perempuan yang merasa belum haid dibulan tersebut, JANGAN LUPA BAWA PEMBALUT. Sesuaikan jarak tempuh yang akan kalian lewati. Apabila akan memakan waktu lama, minimal kalian membawa 1 bungkus pembalut. Biasanya aku bawa yg isi 10 biji. Kalau kalian mau bawa yg isi 24 biji juga boleh, hehe 😁 Sekarang pembalut juga pada keren kok, udah pada ultra light alias tipis banget jadi bakal hemat tempat. Bukan cuma perlengkapan outdoor yang bisa ultra light.

Ini yang harus kalian lakukan adalaaaah... jeng jeng :
1. JANGAN PANIK
Jangan langsung panik ketika tiba-tiba negara api menyerang, dengan jurus Avatar #apaan sih, langsung cari tempat aman untuk pakai pembalut. Pastikan pembalut tersebut anti bocor, anti badai, anti gempa, dan sebagainya. Ya, pokok gunakan pembalut yg sesuai dengan kebutuhan.

2. BANYAK MAKAN
Ada yang bilang di gunung makanan apa aja enak. Ya! tapi itu berlaku untuk orang dengan keadaan normal (tidak haid). Biasanya perempuan kalau sedang haid suka pilih-pilih makanan tuh (aku pun negitu). But remember, you're not at home! Kalian harus memaksa diri kalian untuk tetap makan agar stamina tubuh terjaga.

3. BANYAK MINUM
Usahakan banyak minum air putih. Selain melegakan tenggorokan, air putih akan memperlancarkan aliran darah dan 'mencairkan' darah. Apalagi sumber mata air di pegunungan pasti seger-seger. InsyaAllah jadi makin lancar dan gak sakit.

4. KENDALIKAN EMOSI
Bukan hal yang aneh ketika seorang perempuan sedang haid emosinya akan labil naik turun mirip Jet Coaster. Nah, ada baiknya kalian kendalikan emosi. Jangan dikit-dikit marah, dikit-dikit rewel. Kalian sedang berada di gunung. Mereka (teman-teman) juga merasakan hal sama. Sama-sama capek, sama-sama kedinginan, atau sama-sama lapar (kalau belum makan lo ya). Please tolong kendalikan amarah kalian, jangan tambah beban teman kalian, hehe #peace.

5. JANGAN BUANG SEMBARANGAN
Apabila ganti pembalut, jangan buang sembarangan ya, Walkers. Bungkus pembalut dengan baik lalu bawa turun. Setelah sampai basecamp, usahakan bersihan sebentar lalu buang ke tempat sampah. Oh ya, tisu kering ataupun tisu basah yang telah digunakan juga jangan dibuang sembarang. Tetap bawa turun. Soalnya di gunung pasti banyak makhluk halus, gak mau kan diganggu sama begituan?? Amit-amit deh.

6. ISTIRAHAT CUKUP
Gunakan waktu istirahat dengan baik. Ketika ada waktu untuk tidur gunakan untuk tidur. Istirahat cukup akan membantu memulihkan stamina tubuh.

7. JANGAN LUPA BERDOA
Jangan lupa berdoa meminta perlindungan pada Allah SWT selama pendakian. Kuatkan mentalmu! Ketika pikiran dipenuhi oleh doa-doa baik, mental pun akan kuat. Niscaya akan dihindarkan dari hal-hal yang tidak di inginkan. #ciyee ceramah 😁

Nah yang terakhir, ketika dalam bulan tersebut kalian belum haid juga, barulah kalian boleh panik, dan coba tanyakan ke pacarmu, (o⌒∇⌒o) wkwk.

0 comments:

Post a Comment

Categories

Blog Archive

Instagram

Popular Posts

Viewers